Universitas Serambi Mekkah Laksanakan Bimtek RPL Mandiri

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Universitas Serambi Mekkah melaksanakan Bimbingan Teknik (BIMTEK) Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Mandiri. Bimtek RPL tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N. Kegiatan Bimtek RPL dilaksanakan mulai Hari Kamis s/d Sabtu, Tanggal 2 s/d 4 Mei 2024 di Aula FKM USM Banda Aceh.

RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu sesuai dengan Permendikbud Ristek No 41 tahun 2021, ucap Dr. Ismail, SKM, M.Pd, M.Kes. Koordinator RPL Universitas Serambi Mekkah, Sabtu (4/5/2024).

Pelatihan Asesor internal Universitas Serambi Mekkah ini diikuti oleh 26 peserta dari 13 program studi di lingkungan Universitas Serambi Mekkah.

Bacaan Lainnya

‚ÄúPeserta asesor RPL ini akan menjadi asesor internal Universitas Serambi Mekkah untuk membantu proses rekognisi calon mahasiswa RPL di universitas”, terang Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan aturan pelaksanan RPL adalah Permendikbudristek No. 41 Tahun 2021 tentang RPL dan diturunkan Kepdirjendiktiristek No 162/E/KPT/2022 tentang Petunjuk teknis RPL pada PT yang menyelenggarakan Pendidikan akademik.

Dalam pelaksanaannya, asesor bertugas melakukan rekognisi keabsahan data calon mahasiswa dan pengakuan hasil assemen.

Pengakuan hasil asesmen adalah berupa perolehan sks dari beberapa Mata Kuliah sesuai hasil asesmen (untuk rekognisi Capaian Pembelajaran dari pendidikan nonformal, informal atau pengalaman kerja ke pendidikan formal) dan/atau transfer sks (untuk rekognisi Capaian Pembelajaran dari pendidikan formal sebelumnya yang telah diikuti pada jenjang pendidikan Tinggi).

Burhan menjelaskan persyaratan mahasiswa RPL adalah Lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat dan/atau pernah mengikuti kuliah jenjang Diploma atau Sarjana tetapi tidak tamat. Berpengalaman kerja yang relevan dengan CPL program studi yang menunjukan penguasaan CPL/ kompetensi secara parsial atau secara keseluruhan program studi yang dituju dan persyaratan yang ditentukan oleh perguruan tinggi.

Selama Bimtek materi difasilitasi oleh Asesor Nasional Muslem Daud, PhD dan Burhanuddin Syam, SKM, M.Kes. serta Dr. Ismail, SKM, M.Pd, M.Kes. Dekan FKM Universitas Serambi Mekkah. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *