Kepala Otorita: IKN Nusantara Dibangun Bukan di Hutan Rimba seperti Amazon

Jumat, 18 November 2022 – 19:03 WIB

VIVA Politik – Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono meluruskan anggapan umum publik bahwa ibu kota negara baru yang sedang dibangun di Kalimantan Timur dibuka di tengah hutan belantara.

Bacaan Lainnya

Dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Kamis, 3 November 2022, Bambang menjelaskan, IKN dibangun di tengah hutan industri Kalimantan. “Bukan hutan rimba yang kayak dibayangkan banyak orang seperti di Amazon itu, bukan, ini hutan produksi,” katanya.

Kalau dilihat dari luar kawasan inti IKN yang sedang dibangun, katanya, memang tampak sepi karena kawasan proyek di tengah hutan produksi. Tapi kalau diihat di area tengah yang menjadi lokasi proyek, jelas terlihat sudah ada pengerjaan.

 Kepala Otorita IKN Bambang Susantono

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono

Presiden Joko Widodo, pada 25 Oktober, telah meninjau pengerjaan proyek tahap awal tersebut. Pada kesempatan itu, Jokowi menyakinkan publik bahwa pembangunan tahap awal IKN dimulai pada Januari 2022. Infrastruktur dasar dan kantor-kantor pemerintah serta permukiman ditargetkan rampung sebelum tahun 2024 dan pada tahun itu peringatan Hari Kemerdekaan dapat digelar di IKN Nusantara.

Sebetulnya, kata Bambang, sekarang pun sudah dimulai proses pembangunan kawasan inti IKN Nusantara, misalnya terutama infrastruktur jalan untuk akses logistik barang atau material, hunian untuk para pekerja, sarana dan prasarana untuk kebutuhan air bersih, dan lain-lain. Tapi baru pada Januari nanti proyek pembangunan dalam skala besar dimulai.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *