Di Pastikan Uang Nasabah BPRS Gayo Tak Hilang

Foto : Net

Bidikindonesia | Banda Aceh – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Daddi Peryoga, mengatakan jumlah dana simpanan masyarakat di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Gayo Perseroda hanya Rp 26,15 miliar. Ia juga membantah dana nasabah di perbankan tersebut mencapai Rp 40 miliar.

Dikutip dari Ajnn pada kamis 11 juli 2024 Daddi mengatakan Informasi bahwa uang nasabah PT BPRS Gayo Perseroda mencapai 40 miliar rupiah yang ditelap oleh oknum BPRS tersebut, perlu dibuktikan agar informasinya benar dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Dia menyampaikan jumlah dana simpanan warga yang dicatat dalam laporan dana pihak ketiga di BPRS yakni sebesar Rp 26,15 miliar. Data tersebut berdasarkan laporan publikasi bank posisi akhir Juni 2024 yang diterima OJK.

Bacaan Lainnya

Selain itu, OJK yang merupakan lembaga independen dan bertugas mengawasi serta menjamin seluruh transaksi keuangan, saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut terkait dugaan di PT BPRS Gayo Perseroda.

Daddi menjelaskan, Bank merupakan lembaga yang diberi kewenangan untuk menghimpun dana masyarakat dalam berbentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan.

Oleh karena itu sudah sewajibnya manajemen bank untuk melakukan pengelolaan dana masyarakat tersebut dengan amanah, sesuai ketentuan berlaku.

Menyikapi kasus PT BPRS Gayo Perseroda, Daddi meminta nasabah untuk sabar dan tidak panik ataupun khawatir. Sebab bank tersebut terdaftar sebagai peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Sehingga Insyaallah, seluruh dana simpanan masyarakat dijamin oleh LPS sesuai dengan kriteria penjaminan LPS,” ujarnya.”

Sehubungan dengan itu, pihak OJK mengaku selalu melakukan pengawasan secara aktif dan efektif kepada seluruh Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

Segala bentuk penyimpangan dan pelanggaran akan ditindak sesuai dengan ketentuan berlaku dengan tetap memperhatikan keberlangsungan aktivitas bisnis LJK.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *