Capres 2024: Survei atau Maunya Elit Partai?

Jumat, 13 Januari 2023 – 10:30 WIB

VIVA Politik – Guru Besar Ilmu Ekonomi Politik, Didik J Rachbini, mengatakan bahwa partai yang tidak memperhatikan suara silent majority adalah naif. Sebab inilah yang menjadi penentu apakah itu pileg (pemilu legislatif) maupun pilpres (pemilu presiden).

Bacaan Lainnya

Jelas Didik, silent majority bisa diketahui melalui metode riset polling. Walau tidak 100 persen karena ada margin error nya, tetapi motede akademik ini sudah digunakan puluhan tahul oleh peneliti.

Lebih lanjut Didik menjelaskan, kalau riset ilmiah dan akademik ini sudah menjadi pengetahuan umum. Sehingga riset yang benar dan jujur sudah pasti bisa mengetahui persepsi, pandangan dan silent majority  partai apa dan siapa pemimpin yang diminati.

“Jika ada partai dan pimpinan partai menafikan realitas hasil-hasil survei akademik ini, saya sebagai peneliti tidak bisa nenyebutnya sebagai apa …., yang halus tidak akademik, tidak memahami ilmu,” kata Didik kepada VIVA, Jumat 13 Januari 2023.

Rektor Paramadina ini melanjutkan, sebuah riset akademik hasilnya pasti akan berbicara jujur. Kecuali memang ada yang melakukan manipulatif.

“Yang lembaga dan pelakunya dipakai untuk mengelabui publik. Lembaga riset seperti ini tidak akan berumur panjang,” lanjutnya.

Diakuinya, banyak pimpinan partai yang tidak percaya terhadap riset akademik survei. Diantara alasannya adalah lembaga yang tidak kredibel sebab metodenya tidak dijalankan dengan benar. Apalagi dipakai untuk kepentingan politik sehingga mengabaikan metode ilmiahnya.

Halaman Selanjutnya

“Partai yang tidak berbasis riset akademik dan mengambil keputusan seenak selera pimpinannya, maka keputusan yang diambilnya bias dan bahkan sesat. Konflik realitas kehendak publik yang luas dengan keinginan dari partai dan pimpinan akan membuat partai kehilangan kesempatan untuk mendapatkan aspirasi terbesar dari publik,” jelasnya. 

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *