Awasi Tahapan Pemilu, Bawaslu Resmikan 4 Kantor di Provinsi Baru Papua

Jakarta

Bawaslu RI meresmikan kantor Bawaslu di 4 daerah otonomi baru (DOB) Papua. Kantor tersebut masih bersifat sementara.

“4 kantor persiapan sudah diresmikan, masih sementara,” ujar Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda kepada wartawan, Rabu (11/1/2023).

Bacaan Lainnya

Herwyn mengatakan kantor Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya berada di Bawaslu Kota Sorong. Kantor tersebut diresmikan oleh Herwyn pada Senin (9/1).

Sementara untuk kantor Bawaslu Provinsi Papua Selatan berada di Bawaslu Merauke. Kemudian, Bawaslu Provinsi Papua Tengah di Bawaslu Nabire, dan Papua Pegunungan di Bawaslu Wamena.

“Hari Senin kemarin untuk Papua Barat Daya (diresmikannya). Hari ini untuk 3 DOB Papua lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Bawaslu RI menunjuk anggota Bawaslu Provinsi Papua dan Papua Barat untuk membantu pengawasan tahapan pemilu di 4 daerah otonomi baru (DOB) Papua. Nantinya, anggota Bawaslu itu akan melaporkan hasil pengawasan kepada Bawaslu RI.

“Terkait dengan Perppu Nomor 1 Tahun 2022, tentang pengawasan DOB di Papua, kami sudah menunjuk kawan-kawan Bawaslu Provinsi Papua untuk membantu Bawaslu RI melakukan pengawasan di Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Bawaslu Papua Barat membantu Bawaslu RI untuk melakukan pengawasan di Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya,” kata Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (5/1).

“Ini tetap di bawah koordinasi dan kendali dari pada Bawaslu, hanya pemberian surat mandat, tapi tanggung jawab pengawasannya itu tetap ada di Bawaslu,” sambungnya.

Simak juga ‘Ma’ruf soal UU Papua Barat Daya: ‘Game Changer’ Percepatan Kesejahteraan’:

[Gambas:Video 20detik]

(amw/maa)

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *