Vietnam vs Thailand Final Idaman yang Jarang Bentrok di Laga Puncak

Jakarta, CNN Indonesia

Vietnam vs Thailand jadi final idaman di Piala AFF 2022. Namun, kedua tim sejatinya jarang bentrok di laga puncak turnamen dwitahunan ini.

Sejak Piala AFF kali pertama digulirkan sebagai Piala Tiger pada 1996, Thailand tercatat sebagai tim tersukses dan layak menyandang gelar “Raja ASEAN”.

Bacaan Lainnya

Betapa tidak, tim berjuluk Gajah Perang tercatat sudah sembilan kali tampil di final dan memenangi enam gelar juara dan tiga kali runner up. Belum ada negara lain yang mampu menyamai pencapaian Thailand.

Kini, Thailand menapaki final ke-10 di sepanjang sejarah Piala AFF. Lawan yang bakal dihadapi adalah Thailand yang beberapa tahun terakhir berambisi merusak dominasi Thailand.

Hanya saja, Vietnam sejauh ini masih kesulitan menembus final. The Golden Stars sudah tiga kali tampil di laga puncak dan baru mengoleksi dua gelar, yakni pada edisi 2008 dan 2018.

Di sepanjang turnamen antarnegara Asia Tenggara ini Vietnam hanya sekali bertemu Thailand. Itu terjadi di Piala AFF 2008 di mana Vietnam keluar sebagai kampiun dengan agregat 3-2.

Sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF, langkah Vietnam lebih banyak terhenti di semifinal. Tercatat lima kali Golden Dragon kalah di semifinal dan kalah di perebutan tempat ketiga.

Untuk kali pertama sejak 14 tahun silam Vietnam kembali bersua Thailand. Menarik dinanti apakah Vietnam mampu merusak dominasi Thailand di Piala AFF 2022?

Vietnam akan lebih dulu menjamu Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1). Tiga hari berselang, giliran Thailand yang akan bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Thammasat.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)



[Gambas:Video CNN]



source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *