Tahapan Pemilu 2024 Sudah Jalan, DPR Pastikan Mekanismenya Sulit Diubah

Sabtu, 12 November 2022 – 04:30 WIB

VIVA Politik – Tahapan Pemilu 2024 saat ini sudah berjalan. Seperti penetapan pileg dan pilpres pada 14 Februari 2024, dan saat ini proses verifikasi faktual oleh KPU telah berlangsung.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sehingga sedikit menyulitkan apabila dilakukan perubahan dalam mekanisme pelaksanaannya.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi rekomendasi Komnas HAM yang mendorong agar Pemerintah dan DPR menerbitkan regulasi pemanfaatan teknologi informasi dan mekanisme pos dalam proses pemungutan suara.

“Seperti kita tahu bahwa tahapan pemilu itu sudah berjalan dan semua sudah dilakukan oleh KPU, termasuk perencanaan-perencanaan yang mungkin akan agak lebih sulit kalau kemudian mengalami perubahan-perubahan,” kata Dasco di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, dikutip dari Antara.

Meskipun demikian, ia menilai rekomendasi tersebut sebagai sebuah aspirasi yang sah saja untuk diusulkan.

“Apa yang disampaikan itu pendapat pribadi dari anggota Komnas HAM, sebagai aspirasi dari warga masyarakat tentunya boleh-boleh saja disampaikan,” ujarnya.

Ia pun mengaku menyerahkan kepada KPU selaku penyelenggara pemilu untuk mengambil keputusan atas rekomendasi tersebut.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *