Pengamat: Erick Thohir Berpeluang Besar Diusung Jadi Cawapres Dari Parpol Islam

Jumat, 6 Januari 2023 – 17:07 WIB

VIVA Politik – Peluang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 makin terbuka lebar. Erick Thohir menjadi figur yang terbuka diusung partai politik (parpol) berbasis Islam.

Bacaan Lainnya

Erick Thohir diketahui memiliki hubungan harmonis dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mantan Presiden Inter Milan itu kerap diajak ikut dalam agenda internal kedua parpol tersebut. 

Erick Thohir Bantu Islamic Centre Masjid Al Hikmah Belanda

Erick Thohir Bantu Islamic Centre Masjid Al Hikmah Belanda

Menurut Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi, keterusungan Erick Thohir oleh PAN dan PPP masih sangat berpeluang. Terlebih kedua parpol belum memiliki figur kuat untuk bertarung dalam Pilpres 2024. 

“Bisa juga potensi itu terbuka, karena dua partai tidak punya figur internal yang mereka promosikan hingga hari ini,” kata Ade, dalam keterangan yang diterima Jumat 6 Januari 2023.

Kondisi demikian, kata Ade, semakin dikuatkan dengan rendahnya tingkat elektabilitas figur utama di dalam PAN dan PPP. Sehingga kian membuka jalan keterusungan Erick Thohir melalui kedua parpol tersebut.   

“Kalau diuji publik terkait elektabilitas mungkin tidak akan terlalu signifikan,” ujar Ade. 

Halaman Selanjutnya

Kondisi yang berbading terbalik dengan Erick Thohir. Dalam sejumlah temuan survei, elektabilitas Erick Thohir berhasil tempati daftar teratas. Erick menjadi figur cawapres potensial meski dari kalangan professional.

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *