Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Sekda Nagan Raya Sidak Pasar

NAGAN RAYA, BidikIndonesia.com Sekretaris Daerah (Sekda), Ardimartha, dan Forkopimda beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar dalam wilayah setempat, Kamis 7 Maret 2024.

Amatan KBA, pasar yang disidak dan dikunjungi menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, di antaranya Pasar Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur dan Pasar Simpang Peut, Kecamatan Kuala.

Ardimatha menyampaikan sidak pasar ini merupakan hasil tindak lanjut bersama TPID Nagan Raya dalam rangka memastikan ketersediaan pasokan pangan, dan stabilisasi pangan menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan rapat bersama TPID kemarin tanggal 6 Maret 2024, hari ini akan dilakukan sidak pasar, guna untuk memastikan ketersediaan barang di bulan suci Ramadan nanti, terutama kebutuhan pokok dan kebutuhan dapur,” kata Ardi.

Dalam sidak itu, Sekda beserta rombongan juga menanyakan harga bahan pokok dan kebutuhan dapur kepada para pedagang. Dari hasil wawancara tersebut diperoleh hasil bahwa harga kebutuhan warga masih relatif stabil.

“Menurut hasil sidak tadi, harga beras dan beberapa kebutuhan dapur lainnya masih relatif stabil seperti telur, tomat, dan bawang tidak ada kenaikan yang signifikan,” jelasnya.

Mengenai stok bahan sembako, Sekda Nagan Raya mengatakan untuk saat ini masih aman dan cukup di bulan Ramadan nanti, dan pihaknya akan selalu memantau perkembangan mengenai harga dan pasokan ke depannya.

“Menurut amatan kami, stoknya masih cukup dalam bulan Ramadan nanti, kita juga akan memantau selalu ketersediaan sembako maupun kebutuhan dapur,” jelas Ardimartha.

Pada sidak tersebut, Sekda Nagan Raya beserta rombongan juga juga mengecek pasokan daging sapi, kerbau, dan kambing di pasar tersebut.

Salah seorang pedagang sembako, Baron, 24 tahun, menyampaikan untuk saat ini harga kebutuhan pokok sembako masih relatif stabil tidak ada kenaikan yang signifikan, hanya beberapa item yang mengalami kenaikan harga tapi masih terjangkau.

“Harga sembako masih stabil, kalau ada naik pun tidak banyak, seperti telur yang kemarin Rp50 ribu per papan sekarang Rp55 ribu, tomat kemarin Rp15 ribu per kg sekarang Rp18 per kg, dan kebutuhan dapur lainnya, masih relatif stabil,” ungkap Baron.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *