Paham Ekonomi, Erick Thohir Masuk Kriteria Capres-cawapres Pilihan Jokowi

Selasa, 8 November 2022 – 15:08 WIB

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo atau Jokowi di beberapa kesempatan sempat menyebutkan kriteria yang layak memimpin Indonesia di 2024 mendatang. Salah satu kriteria yang disebutkan oleh Jokowi yaitu seorang calon pemimpin harus mengerti ekonomi baik makro maupun juga mikro.

Bacaan Lainnya

Jokowi menilai kemampuan ini penting lantaran kondisi ekonomi dunia saat ini sedang tidak stabil. Dikarenakan itu dibutuhkan pemimpin yang peka dan memahami ekonomi dalam skala makro ataupun mikro.

“Memerlukan pemimpin yang tidak hanya ngerti makro, mikronya juga harus ngerti. Tapi memang harus mampu bekerja lebih detail. Menguasai data dan lapangan, kemudian memutuskan. Karena situasinya yang tidak normal,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Berdasarkan kriteria King Maker Istana tersebut, Erick Thohir menjadi pemimpin yang terlintas dalam pikiran masyarakat. Erick merupakan tokoh bangsa yang sangat memahami ekonomi, baik ekonomi makro maupun ekonomi mikro.

Menteri yang disebut Gus Yaqut sebagai Menteri Kesayangan Jokowi itu terbukti memiliki kepekaan yang tinggi terhadap dinamisme ekonomi dunia. Terbukti Erick Thohir berhasil menghasilkan laba tinggi di Kementerian BUMN. 

Selama kepemimpinan Erick, BUMN membukukan peningkatan laba lebih dari 800 persen. Padahal belakangan ini Indonesia dan dunia masih dalam pandemi.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *