KPU Tegaskan Tak Berpihak pada Sistem Pemilu Proporsional Terbuka maupun Proporsional Tertutup

Selasa, 10 Januari 2023 – 10:12 WIB

VIVA Politik – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengatakan lembaganya tidak berpihak pada sistem proporsional terbuka maupun proporsional tertutup dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Jadi, enggak ada kecondongan ke kanan-kiri-lah,” ujar Afif, sapaan akrab Mochammad Afifuddin, kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 9 Januari 2023.

Ia lalu menyampaikan KPU akan tetap menjaga prinsip independensi dan netralitas dengan menjalankan penyelenggaraan pemilu menggunakan sistem yang ditentukan oleh Mahkamah Konstitusi, sebagaimana nantinya putusan dari uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait dengan sistem proporsional terbuka yang sedang berlangsung saat ini.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Apabila uji materi itu dikabulkan oleh MK, sistem pemilu 2024 akan berubah menjadi sistem proporsional tertutup.

Sistem proporsional tertutup memungkinkan para pemilih hanya disajikan logo partai politik (parpol) pada surat suara, bukan nama kader partai yang mengikuti pemilihan anggota badan legislatif.

Halaman Selanjutnya

Afif juga mengatakan KPU akan memberikan tanggapan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem tersebut dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi.

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *