Ketua GNPK Aceh: Pj Bupati Alhudri hanya Bikin Gaduh di Gayo Lues

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Aceh, Tengku Samsir Ali, menegaskan akan menyurati Menteri Dalam Negeri agar tidak memperpanjang jabatan Alhudri sebagai Pj Bupati Gayo Lues karena dianggap gagal menciptakan harmonisasi di daerah itu.

Samsir Ali sangat menyesalkan kegaduhan politik yang terjadi di Kabupaten Gayo Lues mulai dari penggerakan aksi demo berbau politis di Banda Aceh, ketidakharmonisan dengan ulama, tokoh masyarakat, hingga dugaan KKN yang “menggurita” di Pemkab Gayo Lues. “Pj Bupati Alhudri hanya bikin gaduh di Gayo Lues,” kata Samsir Ali, kepada KBA.ONE, Senin 29 Januari 2023 via jaringan telepon seluler.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Merah Putih Indonesia ini angkat bicara setelah mencermati dinamika politik di daerahnya yang terjadi dalam sebulan belakangan ini. Menurut Samsir Ali, ada upaya penggiringan politik adu domba di Gayo Lues. “Intimidasi dan tekanan juga terjadi di sana sehingga pejabat dan masyarakat menjadi takut. Politik seperti ini sangat berbahaya jika dibiarkan,” kata Samsir.

Bacaan Lainnya

Bahkan, kata dia, cara-cara tidak sehat itu juga menyasar pengelolaan Anggaran Pembangunan dan Belanja Kabupaten (APBK) yang diduga tidak transparan, dimonopoli dan tidak memihak kepada pelaku dunia usaha lokal. “Ada dugaan kuat selama ini proyek-proyek yang bersumber dari dana APBK dikuasai kontraktor dari luar tanpa dinikmati orang Gayo Lues sendiri,” kata Samsir Ali.

Gerakan “klandestin” seperti ini, menurut Samsir Ali, sengaja diciptakan oleh orang-orang di lingkaran kekuasaan agar misi untuk memuluskan rencana mengeruk dana APBK tidak terbaca oleh masyarakat Gayo Lues.

Karena itu, kata Samsir Ali, jika Pj Bupati Alhudri tidak bisa menciptakan kenyamanan dan keharmonisan di Gayo Lues, “Lebih baik diganti saja Pj sekarang ini. Dia itu sok tau tentang Gayo Lues, padahal dia bukan orang Gayo Lues,” ujar Samsir dengan nada kesal.

Pj Bupati Gayo Lues, Alhudri, beberapa kali tak merespon konfirmasi yang dikirim KBA.ONE kepadanya via pesan whatsapp. Tapi sebelumnya, kepada media ini, Pj Bupati Alhudri kerap membantah semua tudingan negatif yang diarahkan kepadanya. “(Itu semua) tdk betul!” bantah Alhudri via WA.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *