Bos Parameter Politik: Gibran 'Tidur Saja' Bisa Menang Pilgub Jateng

Jakarta

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap maju di Pilgub 2024 jika ditugaskan PDIP. Gibran dinilai akan jauh lebih kuat jika maju pilgub di Jawa Tengah (Jateng).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan Gibran bisa saja diusung oleh PDIP untuk maju sebagai calon gubernur. Namun, katanya, hal itu merupakan kewenangan mutlak Ketum PDIP Megawati Soekanoputri.

Bacaan Lainnya

“Pertama, dari segi partai, Gibran maju di pilkada DKI atau Jateng semua sangat tergantung Megawati sebagai Ketum PDIP. Apapun judulnya, Gibran kader PDIP yang mesti loyal dan tegak lurus ke penugasan partai. Ini mutlak tak bisa diganggu gugat,” kata Adi kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).

Direktut PPI Adi Prayitno saat menghadiri acara Adu PerspektifDirektut PPI Adi Prayitno saat menghadiri acara Adu Perspektif Foto: dok. detikcom

Dia menilai Gibran bakal menang mudah di Jateng yang disebutnya sebagai ‘kandang banteng’ alias basis massa PDIP. Menurut Adi, masih ada potensi Gibran kalah jika maju di DKI Jakarta yang menurutnya penuh kejutan.

“Secara statistik, Gibran jauh lebih kuat maju di Jateng ketimbang Jakarta. Selain Gibran memang sudah populer, Jateng juga ‘kandang banteng’. Tanpa mendahului kehendak Tuhan, ‘tidur saja’ Gibran bisa menang di Jateng ketimbang di Jakarta yang dipenuhi semak belukar politik yang selalu memberikan kejutan tak terduga, banyak orang kuat kalah,” ucapnya.

“Tapi, di PDIP semua serba penugasan partai. Sekalipun dari berbagai segi Gibran lebih cocok di Jateng misalnya, tapi kalau ditugaskan maju di Jakarta oleh PDIP, tentu itu menjadi mandat yang tak akan bisa ditolak Gibran,” imbuhnya.

Gibran Siap Maju Cagub 2024

Gibran Rakabuming Raka sebelumnya menyatakan siap jika ditugasi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri maju Pilgub 2024. Namun, Gibran ngaku tak punya ambisi.

“Kalau ada tugas ya harus siap to, tapi bukan berarti saya punya ambisi, nggak. Saya itu nunggu perintah itu lho,” kata Gibran dilansir detikJateng, Jumat (20/1).

Gibran menegaskan kesiapan maju sebagai calon gubernur apabila ada penugasan dari ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dirinya menegaskan bahwa bukan berarti akan nyalon gubernur alias nyagub.

“Saya siap kalau ada penugasan bukan berarti aku meh nyagub lho, kalau ada tugas harus siapto,”katadia.

Simak Video ‘Pernyataan Gibran Siap Maju Pilgub 2024’:

[Gambas:Video 20detik]

(fas/haf)

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *