Akibat Tanggul Sungai Jebol, Dua Kecamatan di Agara Diterjang Banjir

ACEH TENGGARA, BidikIndonesia.com Dua titik tanggul penahan tebing Sungai Lawe Kinge tepatnya di Desa Lawe Hijo, Kecamatan Bambel dan Desa Kute Lesung, Kecamatan Lawe Sumur, Aceh Tenggara (Agara) kembali jebol pada Senin 25 Desember 2023 sore.

Akibatnya puluhan rumah warga di Desa Lawe Hijo, Kute Lesung, Setia Baru, Lawe Hijo Metuah, Kute Ampera, Kute Pinding dan Kute Kuning Satu terendam banjir. Selain merendam puluhan rumah warga, ratusan hektar lahan pertanian jagung dan padi turut terendam.

Pantauan KBA, tidak ada korban jiwa akibat banjir ini, namun dampak terparah akibat banjir terjadi di Desa Lawe Hijo dan Desa Lawe Hijo Metuah Kecamatan Bambel dengan ketinggian air 1,5 meter hingga nyaris menenggelamkan rumah warga setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agara Nazmi Desky menyampaikan dirinya telah menerima laporan terkait banjir ini. Ia mengaku akan segera mengirimkan alat berat berupa eksavator untuk melakukan penutupan titik tanggul yang jebol. Selain itu, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan pendataan terkait dampak yang diakibatkan banjir.

“Malam ini juga tim bersama alat berat akan kita turunkan ke lokasi untuk melakukan penutupan, kami berharap kepada warga untuk bersabar dan tetap waspada,” kata Nazmi Desky kepada KBA.ONE melalui sambungan telepon, Senin 25 Desember 2023.

Nazmi mengatakan banjir terjadi akibat guyuran hujan deras yang terjadi pada Senin 25 Desember 2023 menjelang magrib, sehingga mengakibatkan debit Sungai Lawe Kinge semakin meningkat.

Selain merendam sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bambel dan Lawe Sumur, dampak banjir ini juga diperkirakan merendam sebagian desa di wilayah Kecamatan Bukit Tusam dan Kecamatan Semadam.

Hingga berita ini ditayangkan, BPBD Agara belum merilis secara resmi terkait data dan korban terdampak banjir.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *