Survei Y-Publica: Demokrat Dua Besar Geser Gerindra, Nasdem Tak Lolos Parlemen

Selasa, 8 November 2022 – 16:29 WIB

VIVA Politik – Hasil survei terbaru dari Y-Publica melaporkan elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) masih tetap teratas dengan mencapai 18,4 persen. Temuan mengejutkan dalam survei Partai Demokhrat menggeser Gerindra di posisi dua.

Bacaan Lainnya

Dari survei tersebut, Demokrat memperoleh 11,5 persen dari total responden survei. Temuan survei lainnya yaitu elektabilitas Nasdem anjlok di bawah 4 persen.

“Gerindra yang biasanya berada pada peringkat kedua kini tergeser oleh Demokrat. Demokrat berhasil menyalip Gerindra menjadi peringkat kedua. Sedangkan, NasDem terancam gagal melenggang ke Senayan,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dikutip dari Antara, Selasa, 8 November 2022.

Rudi menjelaskan peta kekuatan politik saat ini masih sangat dinamis. Dalam survei tersebut, Gerindra memperoleh tingkat keterpilihan 11,1 persen. Gerindra terpaut tipis dari Demokrat yang meraih elektabilitas 11,5 persen.

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama elite partai.  (Foto ilustrasi)

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama elite partai. (Foto ilustrasi)

Menurut Rudi, dalam setahun terakhir, Demokrat membayangi Partai Gerindra pada posisi tiga besar. Pun, kini Gerindra sukses menempatkan diri sebagai penantang kuat PDIP. 

Dia bilang, posisi Demokrat sebagai partai oposisi terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu ternyata mendorong elektabilitas partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *