Survei Capres Indikator Politik: Tren Ganjar dan Prabowo Naik, Anies Stagnan

Jakarta

Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei elektabilitas sosok-sosok potensial calon presiden (capres). Survei terbaru di akhir 2022, elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto naik, sedangkan Anies Baswedan stagnan.

Survei ini dilakukan pada periode 1-6 Desember 2022 dengan total 1.220 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling. Responden itu diwawancarai dengan tatap muka. Toleransi kesalahan (margin of error) survei ini sekitar +/- 2,92% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Bacaan Lainnya

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi memberikan 10 nama yang berpotensi capres kepada responden secara tertutup. Ganjar, Prabowo, dan Anies masih menjadi 3 besar tokoh capres teratas.

Secara tren, dibandingkan dengan survei di November, suara Ganjar dan Prabowo mengalami kenaikan. Sedangkan Anies stagnan.

“Polanya nggak berubah. Nomor satu Ganjar, nomor dua Anies, nomor tiga Pak Prabowo. Anies agak sedikit stagnan elektabilitasnya di bulan Desember. Ganjar dan Pak Prabowo naik,” kata Burhanuddin dalam pemaparannya secara virtual, Rabu (4/1/2023).

Berikut elektabilitas lengkap dari 10 nama tokoh capres:

Ganjar Pranowo 31,5%
Anies Baswedan 24,4%
Prabowo Subianto 21,4%
Ridwan Kamil 6,7%
AHY 2,0%

Erick Thohir 1,6%
Puan Maharani 1,6%
Sandiaga Uno 1,3%
Airlangga Hartarto 0,7%
Muhaimin Iskandar 0,5%
Tidak tahu 8,2%

Burhanuddin mengatakan pihaknya memberikan simulasi head to head 3 capres kepada responden. Hasilnya elektabilitas ketigannya terpaut jauh.

“Tiga nama besar, masing-masing tidak terpaut jauh. Ganjar teratas 35.8%, Anies 28.3%, Prabowo 26.7%, dan sekitar 9.2% belum menunjukkan pilihan,” ujarnya.

Simak juga ‘Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Anies-Prabowo Bersaing Ketat’:

[Gambas:Video 20detik]

(fca/eva)

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *