Survei Algoritma: Ridwan Kamil Paling Favorit untuk Figur Cawapres

Selasa, 24 Januari 2023 – 01:46 WIB

VIVA Politik – Algoritma Research and Consulting merilis hasil survei terbarunya terkait kandidat capres dan cawapres 2024. Salah satunya terkait cawapres yang berpotensi maju dalam pilpres 2024. 

Bacaan Lainnya

Direktur Riset dan Program Algoritma, Fajar Nursahid mengatakan bahwa nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan salah satu figur favorit dari hasil survei. Kang Emil, sapaan akrabnya memiliki elektoral yang besar dengan angka 11,8 persen.

“Ridwan Kamil paling favorit untuk figur cawapres, meskipun dalam konteks rating capres itu masih di bawah 7 persen,” kata Fajar di Jakarta Pusat pada Senin 23 Januari 2023.

Lalu, di luar nama-nama yang memiliki elektabilitas capres tertinggi ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,4 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 6 persen dan Ketua Umum Demokhrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di angka 5,6 persen.

“Di antara nama-nama yang kalau mencapreskan diri, siapa yang pantas sebagai cawapresnya, Pak Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling moncer disusul Sandiaga dan Erick Thohir,” jelas Fajar.

Namun, ada nama eks Panglima TNI Andika Perkasa yang mendapat 4 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,4 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,1 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD 1,8 persen.

Halaman Selanjutnya

Sementara, untuk nama cawapres lainnya yang berada di bawah 1 persen, yakni Ahmad Heryawan, Muhaimin Iskandar hingga Airlangga Hartarto.

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *