Rohingya di Kuala Parek Akan Diserahkan ke Pemkab Aceh Timur

ACEH TIMUR, BidikIndonesia.com Warga Kuala Parek akan menyerahkan 137 pengungsi Rohingya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur pada Senin, 12 Februari 2024 mendatang, sesuai hasil musyawarah Muspida Plus beberapa hari lalu.

Meskipun belum mengetahui lokasi pasti untuk relokasi, mereka memastikan pengungsi Rohingya yang tiba di desa tersebut akan dipindahkan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Kuala Parek, Syahrial Abdullah, kepada serambinews, Jum’at (9/2/2024). “Insya Allah, pada Senin. Namun, penempatan mereka masih menunggu keputusan hasil rapat Muspida Plus,” kata Syahrial.

Bacaan Lainnya

diketahui Saat ini, 187 orang imigran Rohingya berada di Aceh Timur, dan ditempatkan di lokasi penampungan ISC Aceh Timur.

Gelombang pertama datang pada 14 Desember 2023 di Kecamatan Darul Aman sebanyak 50 orang, sementara gelombang kedua mendarat di Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur pada 1 Februari 2024.

Adapun 50 orang yang duluan mendarat di Aceh Timur setelah di verifikasi oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Bangladesh 37 orang diantaranya adalah warga Bangladesh.

Pendataan terhadap warga Bangladesh sudah dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan bulan terakhir.

Pendataan pertama dilakukan oleh Imigrasi Kelas II Langsa pada, Selasa (16/1/2024).

Selanjutnya verifikasi dilakukan oleh Kedubes Bangladesh pada Selasa (30/1/2024), sampai saat ini belum ada tindak lanjut terhadap 37 warga Bangladesh tersebut.[Infoacehtimur]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *