Ridwan Kamil Gabung Golkar, Pengamat: Bisa Jadi Alternatif Untuk 2024

Jumat, 20 Januari 2023 – 11:05 WIB

VIVA Politik – Ridwan Kamil (RK), resmi bergabung sebagai kader Partai Golkar pada hari Rabu 18 Januari 2023 lalu. Bergabungnya RK ini tentu bakal memberikan dampak positif terhadap Partai Golkar, apalagi dengan posisinya sebagai politisi yang aktif menggunakan media sosial.

Bacaan Lainnya

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menyatakan bahwa dengan bergabungnya RK ke Partai Golkar bakal memberikan beberapa dampak. Pertama, Golkar tentu memiliki segmen baru dalam memperlebar pemilihnya.

Dave Laksono dan Ridwan Kamil

Dave Laksono dan Ridwan Kamil

Karena secara infrastruktur pemilihnya selama ini masih terbentuk atas warisan Orde Baru. Sehingga bergabungnya RK, pemilih pemula dan muda yang kategori Milenial dan Z tentu mudah kenal dengan Golkar. 

Kedua, Golkar memiliki alternatif lain capres atau cawapres, jika di tahun 2024 Airlangga gagal maju. Apalagi Jawa Barat sebagai basis suara kunci di Pilpes, bakal menguntungkan bagi Golkar atau capres yang diusungnya. 

“Kang Emil bisa jadi alternatif bagi Golkar di tahun 2024 jika Airlangga gagal maju sebagai capres dan cawapres. Nilai jual Kang Emil itu tentu sebagai Gubernur Jawa Barat, yang basis suaranya sangat menjanjikan sebagai capres atau cawapres. Ya, itu tergantung Golkar lagi mau atau tidak usung Kang Emil”, kata Arifki kepada Viva, Jumat 20 Januari 2023

Golkar, menurut Arifki, partai yang tidak memiliki pemilik. Jika dilihat lagi dari pengalaman dua pilpres terakhir, 2014 dan 2019 Golkar gagal mencalonkan kadernya sebagai capres atau cawapres. Meskipun secara kursi di parlemen berada di posisi dua. “Artinya, banyak kemungkinan yang bakal mengubah konstelasi Pilpres 2024 terutama dengan bergabungnya Kang Emil ke Partai Golkar,” ujarnya 

Halaman Selanjutnya

Pada sisi lain, anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) PAN dan PPP juga sudah dilirik oleh figur lain. PAN yang sudah memulai kedekatan dengan Erick Tohir dan PPP yang sedang menunggu bergabungnya Sandiaga Uno sebagai kader partai. 

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *