Polisi Ungkap Orang Rohingya Masuk ke Aceh untuk Cari Kerja, Bukan Ngungsi

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Polisi menangkap seorang warga Rohingya terkait dugaan penyelundupan manusia ke Aceh. Polisi menyebut belakangan ini orang Rohingya datang ke Aceh untuk mencari kerja, bukan mengungsi.

Dilansir detikSumut, Senin (18/12/2023), Kapolresta Banda Aceh Kombes Fahmi Irwan Ramli mengatakan pihaknya telah memeriksa beberapa orang Rohingya yang pernah mendarat di wilayah hukum Polresta Banda Aceh. Dia mengatakan orang-orang Rohingnya itu mengaku ingin mencari kerja di Indonesia.

“Tapi akhir-akhir ini dengan wawancara yang kita lakukan, sekarang Indonesia menjadi negara tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik,” kata Fahmi.

Bacaan Lainnya

Dari 137 warga Rohingya yang mendarat di Desa Blang Ulam, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, pada Minggu (10/12) lalu, katanya, tidak semua mereka mengantongi kartu pengungsi dari UNHCR. Dia mengatakan ada imigran yang merupakan warga negara Bangladesh, bukan Myanmar.

“Mereka ini berangkat dari Cox’s Bazar di Bangladesh bukan untuk mengungsi atau menyelamatkan diri. Dari pemeriksaan saksi-saksi yang kita tanyakan menerangkan bahwa mereka datang ke negara tujuan dalam rangka memperbaiki hidupnya untuk mencari pekerjaan,” jelas Fahmi.[detikNews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *