Partai Garuda Heran Omongan SBY Minta Negara Jangan Masuk Terlalu Jauh Urusan Capres

Jumat, 13 Januari 2023 – 11:38 WIB

VIVA Politik – Pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meminta agar negara tak terlalu jauh masuk urusan capres jadi perhatian. Elite Partai Garuda menyoroti omongan SBY tersebut.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi merasa heran dengan maksud pernyataan eks Ketua Umum Partai Demokrat tersebut. Apalagi, SBY memakai contohnya saat menjabat Presiden ke-6 RI namun tak mempersiapkan calon pemimpin negara.

“Beliau mencontohkan bahwa dirinya saat akan mengakhiri masa jabatan sebagai Presiden, tidak mempersiapkan calon pemimpin berikutnya. Dari pernyataan ini ada beberapa hal yang wajib saya luruskan,” kata Teddy, dalam keterangannya, Jumat, 13 Januari 2023.

Dia menyindir maksud SBY bicara demikian terkait negara atau pribadinya. Tapi, dia menangkap mungkin maksud SBY, sebagai kelembagaan negara tidak mencalonkan Presiden. 

“Tentu saja tidak, karena berdasarkan konstitusi, yang berhak mencalonkan Presiden adalah partai politik peserta pemilu. Partai politik peserta pemilu bukan lembaga negara,” jelas Teddy.

Pun, yang kedua, dia menilai SBY dengan Demokrat yang dipimpinnya merupakan parpol peserta pemiluh serta ikut mencalonkan Presiden. Dengan demikian, ia mengatakan bahwa SBY secara pribadi juga persiapkan calon Presiden.

Halaman Selanjutnya

“Hal ini bertentangan dengan pernyataannya, jika pernyataannya menjelaskan dirinya sebagai pribadi,” jelas Teddy.

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *