PAN Goda PKS dan Demokrat Masuk KIB: Insyaallah Tergoda

Jakarta

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto mengatakan pihaknya masih terus mengajak partai politik (parpol) lain untuk bergabung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas bersama PPP dan Golkar menuju Pilpres 2024. Yandri mengatakan PKS dan Demokrat, parpol yang berencana membentuk ‘Koalisi Perubahan’ bersama NasDem, turut ‘digoda’.

“Semua kita godalah, PKS dan Demokrat, semua kita goda. Masak nggak kita goda. Insyaallah tergoda. Bisa salah satunya ada PKS, ada Demokrat. Semua kita komunikasikan. Bisa bisa (bergabung KIB), komunikasi kan jalan terus,” kata Yandri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Bacaan Lainnya

Yandri lalu menepis adanya anggapan ajakan itu dilakukan untuk menjegal Anies Baswedan yang telah dideklarasikan NasDem maju di pilpres. Isu penjegalan Anies diketahui sempat menguat bersamaan rencana koalisi NasDem dengan PKS dan Demokrat.

“Kita nggak ke sana, kita mau koalisi kan belum tentu siapa capresnya,” kata Yandri.

“Bukan (upaya penjegalan). Itu bagus dalam alam demokrasi kita bagus. Membangun kesepahaman. Walau nanti berbeda tetap saling menghargai menjaga dimensi demokrasi kita,” lanjut dia.

Meski telah dideklarasikan NasDem, Yandri menekankan Anies belum dipastikan bisa maju di pilpres. Yandri berbicara syarat pencalonan presiden juga harus diusung partai yang memenuhi syarat ambang batas parlemen 20 persen.

“Kalau belum didaftarkan ke KPU ya belum fix lah. Kalau daftar ke KPU lengkap itu fix. Kalau masih deklarasi masih wacana-wacana belum fix. Fix kalau didaftarkan ke KPU dengan syarat 20 persen dukungan. Baru itu sah,” katanya.

Saat ini, lanjut Yandri, pihaknya belum menentukan waktu untuk mengumumkan calon final capres dari KIB. Menurut dia, pengumuman capres di koalisinya akan dilakukan bersamaan dengan anggota koalisi baru.

“Nggak bisa saya katakan pasti. pasti A, pasti B enggak juga, yang penting komunikasi jalan terus. Membangun kesepahaman penting, di ujungnya bagaimana nanti kita lihat,” katanya.

PAN Juga Ajak PDIP dan PKB

Tak cuma PKS dan Demokrat, Yandri mengungkap pihaknya juga mengajak PDIP dan PKB. Yandri memastikan komunikasi dengan keempat parpol berjalan baik.

“Semua partai kan baik ini kan tidak ada kata final siapa yang diusung koalisinya, apa yang final, kan belum, maka komunikasi itu berjalan normal saja tidak ada masalah,” kata Yandri.

“Bahwa hasilnya nanti bagaimana kan tidak tahu. PAN terus melakukan komunikasi ya betul dengan PKS, Demokrat, dengan PDIP. Dengan yang lain kita tetap. Dengan PKB kita tetap,” katanya.

Simak Video: Ajakan Gabung KIB Dijawab ‘Demokrat Intensif dengan NasDem-PKS’ AHY

[Gambas:Video 20detik]

(fca/gbr)

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *