Menpan-RB Yakin ASN Mau Pindah ke IKN, Siapkan Skenario Puluhan-Ratusan Ribu Dipindah

Kamis, 17 November 2022 – 12:30 WIB

VIVA Politik – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas optimistis aparatur sipil negara (ASN) mau pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Bacaan Lainnya

“Saya optimistis kalau, misalnya, nanti IKN menjadi tempat yang nyaman, sekolah bertaraf internasionalnya banyak, rumah sakit bertaraf internasional bagus, pasti orang akan pindah ke sana. Akan tetapi, ‘kan belum selesai,” kata Azwar di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu, 17 November 2022.

Dalam Rencana Induk IKN disebutkan bahwa pembangunan IKN akan terjadi dalam lima tahap, yaitu Tahap I pada tahun 2022—2024 untuk pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur dasar, dan pembangunan ekonomi serta relokasi TNI, Polri, dan BIN pada tahun 2023 (relokasi pelopor) dan relokasi representasi badan eksekutif, legislatif, yudikatif, serta ASN akan dilakukan di awal 2024. Tahap I tercapai ketika perpindahan ASN dimulai.

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN

“IKN ini karena promosinya saja belum. Akan tetapi, kalau sudah jalan semua, lingkungan bagus, saya kira akan berbondong-bondong ASN kerja ke sana karena kalau kerja di tempat yang, misalnya, polutif, macet, lingkungan tidak nyaman, pasti orang akan pindah ke tempat yang nyaman,” kata Azwar.

Azwar menyebut Kemenpan-RB mendapat tugas untuk membuat skenario pemindahan ASN, termasuk lembaga apa saja yang dipindah dan jumlah orang yang harus pindah.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *