Konsolidasi PDIP Dinilai Kuat Karena Banyak Kantor di Daerah, juga Sekolah Partainya

Jumat, 6 Januari 2023 – 10:51 WIB

VIVA Politik – Jelang Pemilu 2024, konsolidasi partai politik sudah mulai dilakukan dalam rangka pemenangan di pemilu legislatif atau pileg. Salah satu partai yang dinilai punya kans kembali menang adalah PDIP. Penilaian itu karena konsolidasi partai ini kuat, dengan ratusan kantor milik partai yang ada di daerah.

Bacaan Lainnya

Sekolah Partai PDIP juga dinilai cukup memperkuat ideologi para kader tentang Pancasila hingga materi antikorupsi. Yang kemudian diikuti oleh yang lainnya.

Kantor PDIP di Lenteng Agung yang kemudian diubah jadi sekolah partai

Kantor PDIP di Lenteng Agung yang kemudian diubah jadi sekolah partai

Peneliti politik, Wasisto Raharjo Jati, mengatakan sekolah partai yang dibentuk dan dibangun tersebut, patut diapresiasi. Sekolah Partai PDIP sendiri digelar untuk mempersiapkan kader-kader berkualitas yang layak dinominasikan dalam jabatan publik. Terlebih materi yang diberikan adalah soal antikorupsi dan Pancasila.

“Hal ini tentu patut diapresiasi di tengah kondisi politik saat ini yang mulai tergerus komitmen ideologinya,” ucap Wasisto, Jumat 6 Januari 2023.

Pada 10 Januari 2023, PDIP sendiri akan berusia 50 tahun. Partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut dianggap telah malang melintang di semua rezim. Hidup sejak rezim Orde Baru, Reformasi dan hingga sekarang.

Dengan pengalaman panjang itu, dinilai sebagai bentuk soliditas partai dengan kadernya. Wasisto Raharjo Jati juga mengatakan, PDIP sebagai salah satu parpol yang mengakar secara ideologis dan adaptif dalam berbagai periode pemerintahan.

Halaman Selanjutnya

Saat ini, sudah ada 112 kantor partai. Kantor yang menjadi milik partai tersebut, menjadi tempat pengorganisasian partai selama 2 tahun belakangan ini 

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *