Kepuasan ke Jokowi Naik, Ganjar dan Prabowo Ikut Naik tapi Anies Tertekan

Rabu, 4 Januari 2023 – 17:10 WIB

VIVA Politik – Survei Indikator Politik Indonesia, memperlihatkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto naik, seiring dengan naiknya approval rating (kepuasan) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan elektabilitas Ganjar Pranowo sejauh ini dibingkai berdasarkan approval rating Jokowi.

“Mudah ya menjelaskannya, (keduanya) sama-sama dari PDI Perjuangan, mungkin Ganjar dianggap sebagai little Jokowi. Tapi poinnya adalah pola itu ngikutin approval rating Jokowi,” ujar Burhan dalam pemaparannya secara daring, Rabu 4 Januari 2023.

Yang menarik, kata dia adalah pada kasus Prabowo Subianto. Elektabilitas Prabowo mulai mengikuti trend kenaikan terhadap approval rating Jokowi. Awalnya, kepuasan publik terhadap Jokowi tidak berdampak terhadap naiknya elektabilitas Prabowo sebagai capres.

Bahkan ada pola, sampai Oktober 2022, ketika approval Jokowi naik elektabilitas Prabowo cenderung turun.

Akan tetapi pola itu mulai berubah di November dan Desember 2022. Ketika kepuasan terhadap Presiden turun, elektabilitas Prabowo juga ikutan turun. Pun ketika kepuasan terhadap Jokowi naik, elektabilitas Prabowo juga ikutan naik. 

“Artinya, approval rating Jokowi, itu tidak hanya berdampak belakangan ini kepada Ganjar, tapi juga kepada Pak Prabowo,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya

Elektabilitas Anies Baswedan Tertekan

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *