Jubir PKB: Kalau MK Kabulkan Pemilu Sistem Tertutup, Ini Kemunduran

Senin, 9 Januari 2023 – 16:59 WIB

VIVA Politik – Wacana pengembalian sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024 menuai penolakan. Banyak pihak termasuk elite partai politik atau parpol ingin Pemilu 2024 tetap proporsional terbuka.

Bacaan Lainnya

Juru bicara milenial PKB, Mikhael Benyamin Sinaga menolak keras wacana proposional tertutup. Dia menilai sistem itu bertentangan dengan semangat anak muda yang kini makin melek dan antusias terhadap politik. 

Mikhael mengatakan dengan merujuk hasil dua pemilu terakhir, partisipasi pemilih muda terus meningkat. 

“Anak muda juga mulai banyak yang terjun ke politik. Baik sebagai simpatisan maupun bergabung dengan partai politik. Saya minta elite jangan khianati semangat itu hanya karena takut jabatannya hilang,” kata Mikhael, dalam keterangannya, Senin, 9 Januari 2023.

Dia menyinggung hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang dilakukan pada 8-13 Agustus 2022. Ia bilang partisipasi pemilih muda di Indonesia terus meningkat dari Pemilu 2014 ke Pemilu 2019.

Kata Mikhael, mengacu survei CSIS, dengan 85,9 persen mengaku memilih pada Pemilu 2014. Sementara, di Pemilu 2019 persentase pemilih meningkat menjadi 91,3 persen dari total responden yang berusia 17-39 tahun saat survei dilaksanakan. 

Halaman Selanjutnya

“Pemilih Indonesia saat ini didominasi oleh anak muda yang berusia sekitar 17-39 tahun. Bahkan populasi pemilih muda diprediksi bakal mencapai sekitar 60 persen dari total pemilih pada Pemilu 2024,” jelas Mikhael. 

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *