Di Hadapan Ratusan Ulama, Ganjar Pranowo Bicara Bagaimana Menyiapkan Santri ke Depan

Selasa, 8 November 2022 – 23:46 WIB

VIVA Politik – Keberadaan pesantren kini dapat bersaing dengan sekolah umum. Saat ini, banyak santriwan dan santriwati yang menduduki posisi penting di pemerintahan, bahkan mampu berprestasi di kancah internasional.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang menghadiri Halaqoh Ulama Nasional dengan tema Menjaga Marwah Pesantren, di Hotel Ciputra, Semarang, Selasa 8 November 2022. Acara tersebut diikuti sekitar 125 ulama dari ponpes, ormas Islam dan MUI berbagai daerah.

“Sensitivitas para romo kiai dan ulama kita luar biasa. Yang harus dijaga adalah bagaimana menyiapkan santri-santri ini ke depan,” kata Ganjar.

Persoalan membangun karakter yang seringkali sulit dihadapi oleh sekolah umum, kata Ganjar, telah menjadi budaya di pondok pesantren. 

“Moderasi pasti sangat terjaga karena selalu hormat sama orang itu. Apalagi sama guru-gurunya. Itu yang selaku saya pesankan di manapun, hormati orang tuamu, gurumu, cintai bangsa dan negaramu,” jelasnya.

Para santri pun memiliki karakter yang baik. Bukan hanya pandai menghormati orangtua, tetapi juga punya kecintaan terhadap bangsa dan negara yang dibangun lewat Hubbul Wathan Minal Iman.

Meski begitu, ia tak menampik adanya ketidaksempurnaan di pesantren, seiring munculnya kasus negatif yang belakangan terjadi. Hal itu bisa disikapi, dengan kesadaran untuk menjaga marwah dari pesantren.

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *