Datangi UNESCO, PKS Diplomasi Kebudayaan RI Sebagai Warisan Dunia

Kamis, 19 Januari 2023 – 21:39 WIB

VIVA Politik – Delegasi Fraksi PKS DPR lakukan kunjungan kerja ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) PBB di Paris, Prancis, Rabu, 18 Januari 2023. Rombongan PKS dipimpin langsung Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Aljufri.

Bacaan Lainnya

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwani menjelaskan alasan pihaknya ke Unesco dalam rangka diplomasi kebudayaan Indonesia. Tujuannya untuk mendorong agar budaya bangsa Indonesia yang kaya dan beragam bisa diakui jadi warisan dunia.

Pun, sejumlah warisan budaya Indonesia yang diusulkan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) dunia seperti Reog, Tenun, Tempe dan Jamu. 

Sementara, Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri menambahkan, kunjungan kerja Fraksi PKS ini bagian dari upaya pihaknya untuk menjalin persahabatan dan kerjasama yang lebih erat dengan mitra internasional. Hal itu baik mitra negara maupun organisasi internasional. 

Menurut dia, tujuan PKS untuk membawa agenda dan kepentingan Indonesia di forum internasional. Selain itu, ikut serta melaksanakan ketertiban dunia sebagaimana amanat konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 

Salim mengatakan RI adalah negara besar dalam beragam aspeknya. Ia bilang mesti disyukuri, negara besar dengan keanekaraman ini hidup dalam persatuan dan kesatuan.

Halaman Selanjutnya

“Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita bersama dan bangsa-bangsa dunia bagaimana Indonesia dapat mengelola keberagaman dalam harmoni dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan konsensus kebangsaan,” jelas eks Menteri Sosial RI tersebut. 

img_title

source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *