Buat Laporan Palsu, Sales Alat Listrik Diamankan Polisi Aceh Selatan

ACEH SELATAN, BidikIndonesia.com Diduga membuat laporan palsu, RD, 25 tahun, sales alat listrik diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Selatan. RD mengaku menjadi korban begal, di area gunung Gampong Alu Metuah, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan, Kamis 25 Januari 2024.

“Hal itu dilakukan RD karena melakukan penggelapan uang puluhan juta rupiah milik perusahaannya,” ungkap Kapolres Aceh Selatan, AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, Sabtu 25 Januari 2024.

Kapolres mejelaskan awalnya pemuda itu melaporkan jika dirinya mengalami tindak pidana pencurian dengan kekerasan, yaitu dibegal.

Bacaan Lainnya

Kemudian pada Jumat 26 Januari 2024, sekira pukul 00.30 WIB, Tim Opsnal dan unit Pidum dipimpin Kasat Reskrim, mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) tindak pidana pencurian dengan kekerasan itu.

Namun, kata Mughi, setibanya di TKP, timbul keraguan terhadap keterangan dari pelapor. Kemudian, Tim Opsnal kembali ke Mako Polres Aceh Selatan melakukan interogasi terhadap pelapor.

“Saat dilakukan interogasi itu, pelapor mengaku bahwa kejadian begal menimpa dirinya, ternyata hanya karangan dari pelapor saja,” beber Mughi.

Selanjutnya, Tim Opsnal dan Unit Pidum mendapakan informasi dari salah satu saksi pelapor bahwa RD ada mengirimkan paket melalui loket, tujuan ke Medan.

Mughi melanjutkan, kemudian tim memastikan isi paket itu. Lalu pihaknya mendatangi loket untuk disambungkan ke supir membawa paket, agar dikirimkan kembali ke Tapaktuan.

Selanjutnya, paket dikirimkan saksi berhasil diamankan dan didapati beberapa barang, ada kaitannya dengan barang dilaporkan hilang oleh pelapor saat dibegal.

“Adapun isi paket berhasil diamankan itu, yakni satu unit tablet merk Itell, satu buah dompet berisikan SIM, dan beberapa kartu identitas atas nama pelapor,” kata Mughi.

Kasat Reskrim menambahkan, alibi pelapor membuat laporan begal terhadap dirinya sendiri itu karena uang setoran perusahaan telah habis digunakan, diduga kuat untuk bermain judi online.

Karena itu, Polres Aceh Selatan mengimbau masyarakat setempat, khususnya pengguna jalan tidak perlu takut dan resah melintas di wilayah kabupaten ini.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *