Pj Bupati Aceh Utara Panen Jagung Kering Pipil di Lahan 30 Hektare

ACEH UTARA, Bidikindonesia.com Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Mahyuzar memanen jagung kering pipil seluas 30 hektare di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Selasa 12 Desember 2023.

Jagung kering pipil yang umumnya dipakai untuk bahan baku pakan ternak, menjadi salah satu produk pertanian yang cukup berkorelasi dengan indeks inflasi.

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar mengatakan pihaknya menyambut baik program perluasan jagung di Aceh Utara. Di tengah harga jagung kering pipil yang tinggi, program perluasan tanaman jagung dinilai akan menjadi salah satu upaya pengendali inflasi.

Bacaan Lainnya

“Seluas 1.000 hektare tanaman jagung berhasil dipanen di sejumlah lokasi di Aceh Utara, seperti di Kecamatan Sawang, Simpang Keramat dan Kuta Makmur,” ungkapnya.

Dikatakan Mahyuzar, panen jagung yang dilakukan di Kecamatan Kuta Makmur seluas 30 hektare. Para petani di sana menanami jagung di atas lahan replanting tanaman kelapa sawit.

“Untuk Kuta Makmur kita panen sekitar 30 hektare, sedangkan keseluruhan di Aceh Utara luasnya mencapai 1.000 hektare,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi menambahkan, harga jagung kering pipil di pasaran saat ini cukup tinggi. Penampung membeli jagung petani dengan kisaran harga Rp5.000 hingga Rp6.000 per kilogram. “Panen jagung diharapkan dapat menstabilkan harga jagung pipilan,” ujarnya.

Tahun ini, kata Erwandi, Pemerintah Pusat membantu benih jagung untuk ditanami pada areal seluas 1.000 hektare di Aceh Utara. Tanaman jagung ditanami di sejumlah lokasi di Kecamatan Kuta Makmur, Sawang, Simpang Keuramat, dan sejumlah kecamatan lainnya.

“Ke depannya, Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara juga telah mempersiapkan lahan baru untuk perluasan tanaman jagung. Diperkirakan luas lahan yang akan ditanami nantinya mencapai 3.000 hektare,” ucapnya.

Kegiatan panen jagung di Kuta Makmur selain dihadiri oleh Pj Bupati Mahyuzar, juga dihadiri unsur pejabat Forkopimda Aceh Utara dan pejabat terkait lainnya. Selain memanen jagung, dalam kesempatan itu juga dilakukan perontokan jagung pipilan yang siap dipasarkan.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *