Menit Ketiga, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Vietnam

Jakarta, CNN Indonesia

Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh sukses membawa timnya unggul 1-0 pada menit ketiga di semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Senin (9/1).

Tien Linh berhasil membobol gawang Indonesia pada menit ketiga usai memanfaatkan umpan direct dari kapten tim Do Hung Dung. Gol tersebut juga tak lepas karena kesalahan komunikasi antara Rizky Ridho dan Jordi Amat.

Bacaan Lainnya

Vietnam dan Indonesia kembali bertemu pada leg kedua semifinal. Setelah bermain imbang tanpa gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1), Indonesia dan Vietnam kembali bertemu di semifinal leg kedua di Stadion My Dinh, Senin (9/1) malam. Pertandingan ini bakal menjadi penentu salah satu finalis Piala AFF2022.

Terdapat perbedaan sedikit dalam starter Vietnam dan Indonesia dibanding laga pada Jumat (6/1).

Terdapat tiga pemain bertahan yang bisa menempati posisi center back di Timnas Indonesia, yakni Jordi Amat, Fachruddin Wahyudi Aryanto, dan Rizky Ridho Ramadhani.

Sedangkan pada posisi tengah terdapat Marc Klok dan Marselino Ferdinan yang juga tampil pada leg pertama di SUGBK.

Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam menjadi pemain sayap yang diandalkan Shin. Formasi empat pemain tengah juga persis seperti yang diterapkan Shin pada laga kandang.

Di posisi depan terdapat Dendy Sulistyawan sebagai ujung tombak. Sedangkan penyerang sayap ditempati Yakob Sayuri dan Saddil Ramdani.

Sementara Vietnam masih mempercayai Dang Van Lam, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Do Hung Dung, Ho Tan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thanh Cung, Pham Tuan Hai, Nguyen Quang Hai, dan Nguyen Tien Linh.

Pertandingan ini akan jadi penentuan nasib Indonesia dan Vietnam di Piala AFF 2022. Setelah bermain imbang 0-0 pada leg pertama semifinal di SUGBK, akhir pekan lalu, Indonesia cuma butuh hasil imbang dengan gol untuk lolos ke final Piala AFF 2022.

Sementara itu tuntutan lebih berat dimiliki Vietnam yang wajib menang atas Skuad Garuda. Kembali bermain imbang, terlebih lagi dengan gol, akan menyingkirkan The Golden Star Warriors dari turnamen ini.

Pasalnya pada 2022 , babak semifinal Piala AFF menggunakan sistem gol tandang. Kegagalan Vietnam membobol gawang Indonesia pada leg pertama bisa jadi kerugian bagi tim aushan Park Hang Seo tersebut.

Vietnam tentu tidak ingin gagal ke final Piala AFF dalam dua edisi beruntun setelah pada 2020 dijegal Thailand di babak semifinal.

Sebaliknya, Indonesia berhasrat masuk final Piala AFF untuk kedua kalinya secara beruntun. Pelatih Indonesia Shin Tae Yong menebar optimisme bisa mempermalukan Vietnam di depan publik sendiri.

Apabila kedua tim kembali bermain imbang dalam 90 menit, maka pertandingan akan berlanjut ke babak tambahan. Jika tetap imbang selama babak tambahan, pemenang laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Timnas Indonesia sendiri memiliki kenangan manis di Stadion My Dinh ketika mengalahkan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021. Saat itu Indonesia menang 4-3.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022:

Vietnam: Dang Van Lam; Nguyen Thanh Chung, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Ho Tan Tai Doan Van Hau; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Tienh Linh.

Indonesia: Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri.

(rhr/har)








source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *