Jelang Pemilu 2024 Kodim Aceh Utara Gelar Simulasi Penanggulangan Huru Hara

LHOKSEUMAWE, BidikIndonesia.com Komandan Kodim (Kodim) 0103/Aceh Utara menggelar simulasi Penanggulangan Huru Hara (PHH) pendemo Pemilu menjelang pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Kegiatan simulasi penanggulangan huru hara pendemo Pemilu tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan yang digelar di Lapangan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin 5 Februari 2024.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, mengatakan dalam skenario tersebut, diduga hasil data pemungutan suara pemilihan umum Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di wilayah Kota Lhokseumawe terjadi ketidakpuasan oleh sekelompok salah satu pendukung paslon.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, sambung Danrem, sejumlah simpatisan melakukan aksi demo dengan mendatangi Kantor Pemilihan Umum (KPU), atas ketidakpuasan penghitungan hasil suara tersebut, sehingga kelompok itu melakukan demo anarkis hingga diterjunkan TNI-Polri petugas keamanan untuk menghalau.

“Sekelompok simpatisan ini tidak puas atas hasil keputusan penentuan paslon, sehingga terjadi tindakan anarkis, terpaksa petugas membubarkan aksi pendemo tersebut, kejadian ini merupakan skenario simulasi dalam latihan pengamanan penanggulangam Pemilu 2024,” terang Danrem.

Danrem Lilawangsa lulusan Akmil 97 itu mengatakan terdapat lima wilayah Kabupaten dinilai rawan seperti terjadinya bentrok antar pendukung, tidak adanya sinyal, dan masuknya warga negara asing etnis rohingya.

“Untuk mencegah kerawannan itu, nantinya akan diperbantukan personel BKO dari tiga Batalyon Infanteri, Yonkav dan Arhanud, diharapkan satu Babinsa bisa mengawasi Satu TPS, dengan harapan pemilu Tahun 2024 ini berjalan damai dan kondusif,” harapnya.

Orang nomor satu di jajaran Korem 011/Lilawangsa itu juga berpesan kepada seluruh prajurit TNI jajarannya agar melaksanakan tugas negara amanah ini dengan penuh tanggungjawab dan memegang teguh Netralitas TNI.

“Diharapkan TNI-Polri bersama masyarakat bersama-sama menyukseskan Pemilu Damai, aman, dan kondusif,” harap Danrem.

Setelah pelaksanaan latihan simulasi penanggulangan Pemilu, Danrem 011/Lilawangsa, Danlanal Lhokseumawe, Kasrem 011/LW, Dandim 0103/Aut, Dansatradar, Danarhanud, Kapolrea Lhokseumawe beserta personel gabungan TNI Polri melaksanakan patroli di seputaran Kota Lhokseumawe.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *