Hajar Malaysia 3-0, Thailand Jumpa Vietnam di Final Piala AFF 2022

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Thailand berhasil mengalahkan Malaysia 3-0 pada pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Selasa (10/1).

Dengan kemenangan itu Thailand menang agregat 3-1 atas Malaysia pada duel di semifinal Piala AFF 2022.

Bacaan Lainnya

Tim Negeri Gajah Perang berhasil unggul pada menit ke-19 lewat gol Teerasil Dangda. Dangda berhasil mencetak gol melalui sundulan usai meneruskan umpan silang dari Theeraton Bunmatan dari sisi kiri.

Pada menit ke-28 pelatih dari kedua tim yakni Kim Pan Gon dan Alexandre Polking sempat mendapatkan kartu kuning dari wasit Adham Makhadmeh dari Yordania. Keduanya mendapatkan kartu kuning karena melakukan protes berlebihan.

Sementara, Malaysia mendapatkan peluang terbaik pertama pada menit ke-36 lewat tandukan Darren Lok usai memanfaatkan umpan silang dari Muhammad Fazly Bin Mazlan. Sayangnya, tandukan Lok masih dapat ditangkap oleh kiper Thailand Kampon Phatomakkakul.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand unggul 1-0 atas Malaysia di babak pertama dan membuat skor agregat sementara 1-1 setelah Tim Harimau Malaya menang 1-0 di semifinal leg pertama di Kuala Lumpur pada Sabtu (7/1).

Pada babak kedua Thailand masih mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-55 tembakan Bordin Phala dari dalam kotak penalti Malaysia usai meneruskan umpan silang Ekanit Panya berhasil membawa Thailand unggul 2-0.

Di menit ke-60 Malaysia mengancam gawang Thailand lewat tembakan keras Faisal Halim dari luar kotak penalti. Namun tembakannya masih melambung tipis di atas mistar gawang Thailand.

Thailand berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat gol Adisak Kraisorn. Kraisorn berhasil meneruskan bola sepakannya sendiri yang membentur mistar untuk diteruskan menjadi gol ke gawang Malaysia.

Adisak Kraison memiliki kans menambah gol pada menit ke-80. Akan tetapi upaya Adisak yang menggiring bola sendirian menemukan jalan buntu setelah tidak ada pemain Thailand lain di pertahanan Malaysia.

Meski sudah unggul 3-0, Thailand tidak juga mengendurkan serangan. Pada menit ke-87 Peeradol Chamrasamee melepaskan tembakan namun ditangkap kiper Syihan Hazmi.

Peeradol kembali menciptakan bahaya bagi Malaysia pada menit ke-90 setelah tendangan placing kaki kanannya hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang tim tamu.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Thailand menang 3-0 atas Malaysia. Kemenangan itu membuat Thailand menyingkirkan Malaysia dengan agregat 3-1. 

Hasil manis ini membuat Thailand lolos ke final Piala AFF 2022 dan berjumpa Vietnam. Laga final leg pertama akan digelar di kandang Vietnam pada Jumat (13/1) mendatang. Sementara final leg kedua akan digelar pada Senin (16/1).

Susunan Pemain Thailand vs Malaysia di Semifinal Piala AFF 2022:

Thailand XI: Kampon Phatomakkakul; Suphanan Burerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Sasalak Haiprakhon; Theerathon Bunmatan, Sarach Yooyen, Ekanit Panya, Bordin Phala; Teerasil Dangda, Peeradon Chamratsamee

Malaysia XI: Ahmad Syihan Hazmi; Muhammad Azam Bin Azmi, Sharul Nazeem Sharul Nazeem, Dominic Tan; Stuart John Wilkin, Muhammad Fazly Bin Mazlan, M Norhakim bin Hassan, M Mukhairi Ajmal, Brendan Gan; M Faisal Halim, Darren Lok

[Gambas:Video CNN]

(rhr/sry)








source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *