Tim Kanwil Kemenag Aceh Nilai Madrasah Inovasi Aceh Utara

[Lhoksukon] Tim Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Propinsi Aceh turun ke berbagai kabupaten-kota untuk menilai pelaksanaan madrasah Inovasi se Propinsi Aceh di minggu pertama dan minggu ke dua bulan November ini.

 

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Zulkifli, S.Ag, M. Pd., Monitoring dan Evaluasi (Monev) atau penilaian ini dimaksudkan untuk memilih madrasah yang benar benar menerapkan konsep inovasi dalam pengelolaan dan pembelajaran di madrasah-madarasah di tiga tingkatan; Madarsah Ibtidaiyah, Madarasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah seluruh Aceh.

 

Dalam penilaian ini, kombinasi tim penilai adalah gabungan tim Pusat Pengembang Madrasah-PPM  (Madarasah Development Center) dan tim Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Aceh diterjunkan ke berbagai daerah, termasuk Kabupaten Aceh Utara.

 

Madarasah-madrasah inovasi terbaik akan mendapatkan award (pengahargaan) dari  Kepala Kantor wilayah  Kemanag Aceh dalam beberapa waktu mendatang.

 

Penilaian Madrasah Inovasi di Aceh Utara

Untuk Aceh Utara sendiri Kanwil Kemenag Aceh mengirimkan Muslem Daud, S.Ag, M.Ed, Ph.D (Tim MDC) dan Chairul Amri, S.Ag (Pengelola  Analis  Data dan Informasi Penmad ) ke wilyah Samudera Pasai sejak Selasa, 08/11/2022.

 

Sebagaimana terpantau, tim penilai tersebut mengunjugi salah satu madrasah yang telah lewat proses administrasi menjadi salah satu madrasah yang ikut dalam madrasah inovasi terbaik tahun ini yaitu Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Aceh Utara, berlokasi di Jln Blang Mee, Kec. Samudera, A. Utara,   09/11/2022.

 

Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA (Kepala Seksi Penmad Kemenag A. Utara) dan Yusnan, SH (Staf Pengembang GTK Penmad Kemenag A. Utara) dan pimpinan MIN 6 Aceh Utara, Ridwan, S.Pd, beserta beberapa guru senior nampak mempersilakan tim verifikasi propinsi tersebut memasuki ruang kepala MIN 6 Aceh Utara di pagi nan cerah tersebut.

 

Setelah berdiskusi sejenak dan bertepatan dengan waktu istirahat, tim diajak ke ruang pertemuan yang sudah disiapkan dan dilakukan pengenalan singkat dengan pimpinan MI dan perwakilan guru untuk penjelasan maksud dan tujuan kunjungan.

 

Pertemuan ala formal pembuka tersebut berlangsung sekitar 30 menit yang dilanjutkan dengan telaahan kondisi terkini tentang pelaksanaan inovasi-inovasi di salah satu MI favorite tersebut serta mendapat sambutan dari Ridwan, S.Pd, dan pengarahan dari Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA.

 

Untuk pendalaman, Ketua Tim Verifikasi Muslem Daud, S.Ag, M.Ed, Ph.D meminta para pimpinan MIN dan guru-guru berprestasi tetap berada di pertemuan. Sementara guru-guru lainnya dapat menjalankan aktifitas kembali seperti biasa.  Hal ini dilakukan supaya tidak menggangu kegiatan belajar mengajar di madrasah berwarna oranye itu.

 

Terlihat para komunitas madrasah duduk melingkar dimintakan informasi mengacu pada kategori pertanyaan yang ada di tangan tim penilai, mulai kompetensi kepala madrasah, kompetensi guru, karya guru dan alat peraga, prestasi siswa, extrakurikuler, dan seterusnya.

Beberapa Guru Berprestasi sedang memperlihatkan alat peraga berukuran besar terbuat dari karton dan dihiasi dengan berbagai informasi dan materi pembelajaran, kepada tim verifikasi madrasah inovasi, 09/11/2022

 

Selanjutnya, tim mengelilingi lingkungan sekolah sambil mengkroscek dokumen yang menjadi panduan penilaian madrasah inovasi, termasuk kesiapan sarana dan prasarana pendukung program madrasah inovasi, kenyamanan, kebersihan, dan seterusnya.

 

Salah seorang guru berprestasi yang telah ikut serta menulis beberapa buku dan menghasilkan alat peraga, Khairun Nisa, S.Pd, mengatakan bahwa kunjungan tim kanwil propinsi ke madrasah mereka turut memperkuat wawasan mereka lebih luas tentang peluang-peluang berinovasi yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan juga para guru.

 

Hal yang terpenting juga yang didapatkan adalah publikasi karya-karya inovasi melalui media, baik online maupun media sosial sehingga apa yang dihasilkan juga bisa memberi manfaat kepada madrasah lainnya sekaligus mengharumkan nama madrasah tempat para guru mengabdi.

 

Para Pejabat Kemenag A. Utara dan Pimpinan dan Guru Berprestasi berkesempatan foto bersama dengan Tim Penilai di sela-sela Kegiatan Peniliaian  Madrasah Inovasi di MIN 6 Aceh Utara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *