Sukseskan PKM Nasional di Palembang, FDK UIN Ar-Raniry

BidikIndonesia.com, Sumatera Selatan – Rombongan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry selesai melaksanakan Pengabdian kepada Masyatakat Kolaboratif dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 5-9 Juli 2024 ini dimulai dengan mengambil tempat di komunitas pinggiran sungai Musi yang kompleks akan permasalahan sosialnya. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan terhadap warga binaan rehabilitasi NAPZA di Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman Kota Palembang.

Selanjutnya rombongan juga mengadakan kunjungan silaturahmi dengan civitas akademika FDK UIN Raden Fatah Palembang, serta melaksanakan kegiatan akademik secara bersama, yaitu Forum bersama yang melibatkan dosen dan mahasiswa dengan tema “Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Implementasi Kerjasama.

Bacaan Lainnya

Forum ini berbentuk presentasi, sharing, dan diskusi yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi, baik dari FDK UIN Aceh maupun FDK UIN Palembang, diantaranya Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Kesejahteraan Sosial (Kesos).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa dari masing-masing Prodi mempresentasikan hasil karya mereka dengan pendampingan dari para dosennya. Acara formal ini diakhiri dengan pertukaran cinderamata antara kedua pihak.

Kegiatan selanjutnya, rombongan UIN Ar-Raniry berkesempatan untuk melakukan benchmarking yaitu melihat aktivitas dan fasilitas mahasiswa di sekitar kampus, termasuk mengunjungi laboratorium TV, laboratorium radio, perpustakaan, gedung multimedia dan laboratorium BKI.

Rombongan FDK UIN Ar-Raniry juga disambut dengan penuh kehangatan oleh Wakil Rektor (Warek) III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hj. Hamidah, M.Ag dan juga Dr. M. Misdar, M.Ag Warek III IAIN Syeh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung, yang kebetulan sedang ada di UIN Raden Fatah Palembang.

Seraya menikmati jamuan makanan khas Palembang yang disediakan oleh Warek III UIN Raden Fatah, diskusipun berjalan lancar dengan suasana penuh keakraban, dan kekeluargaan.

Pada sisa-sisa kunjungan ke palembang, rombongan juga disugukan rangkaian kegiatan tafakkur alam pada tanggal 9 Juli 2024, dengan menikmati wisata alam dan kuliner yang menjadi daya tarik kota palembang, termasuk jembatan Ampera yang melegenda.[Acehinspirasi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *