Sri Dewi Kurnilawati Ajak Guru PAUD Bersinergi Turunkan Stunting Pada Masa Covid 19

Berikan Vitamin A untuk Bayi dan Balita di Posyandu Bungong Jaroe

Bidik Indonesia.com Banda Aceh. Aceh yang juga Bunda PAUD Banda Aceh, Sri Dewi Kurnilawati SH mengajak para guru PAUD Sps Kalifah Mulia Gampong Mulia ikut berpartisipasi dan bersinergi dengan PKK Kota Banda Aceh untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting di ibu kota Provinsi.

Ajakan itu disampaikan istri Bakri Siddiq itu saat mengunjungi lembaga pendidikan usia dini tersebut di Gampong Mulia Kecamatan Kuta Alam, Senin (15/8/2022).

Bacaan Lainnya

Kata Sri Dewi Kurnilawati, kunjungan kerja tersebut merupakan bentuk kepedulian PKK Kota Banda Aceh dalam mewujudkan generasi Banda Aceh yang berprestasi.
“Saat ini persoalan stunting erat kaitannya terhadap rendahnya produktifitas anak-anak pada usia sekolah, khususnya Balita menjadi hal yang harus kita selesai kan bersama,” kata Sri Dewi Kurnilawati yang juga Bunda PAUD Kota Banda Aceh.

Ia mengatakan, kunjungan pihaknya dapat memotivasi petugas dan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai penggerak dalam penanganan stunting.“Besar harapan kita pada tahun 2024 nanti, Banda Aceh bisa menekan angka stunting pada angka 14%,” harap Sri Dewi Kurnilawati.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), jumlah anak yang menderita stunting di ibu Banda Aceh mencapai 364 orang (Tahun 2021).

Meskipun angkanya terendah se Aceh, namun TP PKK sebagai mitra pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka penurunan dan pencegahan stunting di Banda Aceh dengan berbagai program, seperti melakukan koordinasi dengan lintas sektor.

Kunjungan Ketua PKK dan para pengurus mendapat sambutan hangat dari anak-anak PAUD dan para guru.

Sri Dewi Kurnilawati bahkan secara khusus ikut mengajar dan mengajak mereka berinteraksi.

Tak pelak, anak-anak pun tampak antusias mengikuti kelas yang diisi Hj Sri Dewi Kurnilawati. Keakraban yang dibangun kemudian mendapat respon dari peserta didik. Mereka kemudian bercerita tentang perihal pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dari guru-guru PAUD kepada istri Pj Wali Kota Banda Aceh itu.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Banda Aceh itu berkesempatan mengunjungi Posyandu Bungong Jaroe yang juga berlokasi di Gampong Mulia.

Pada kesempatan tersebut, Sri Dewi Kurnilawati, SH yang didampingi ketua PKK Kecamatan Kuta Alam dan Ketua PKK Gampong Mulia turut memberikan vitamin A pada bayi dan balita yang berkunjung ke Posyandu tersebut.

Pelaksanaan Posyandu merupakan program rutin dalam kegiatan Pokja IV, dimana pada Bulan Februari dan Agustus merupakan bulan pemberian Vitamin A dan juga dilakukan kegiatan kejar timbang dalam upaya meningkatkan capaian jumlah balita yang terpantau pertumbuhan dan perkembangannya.

Kata Sri Dewi Kurnilawati, pemberian vitamin A bagi bayi dan balita bertujuan untuk untuk meningkatkan sistem imunitas pada anak. Dengan begitu, anak tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, vitamin A juga penting untuk perkembangan sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh anak. Begitu juga untuk perkembangan tulang dan otot anak.

Kunjungan kerja Sri Kurnilawati dan anggota PKK ke PAUD dan Posyandu turut didampingi Sekretaris PKK Kota Banda Aceh, Sarwati, Kabid P3A Kota Banda Aceh dan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Kuta Alam. [adv]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *