Pj Bupati Aceh Utara Mengawali Rangkaian Kegiatan Safari Ramadan

ACEH UTARA, BidikIndonesia.com Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, mengunjungi jamaah Masjid Baitusysyakur Gampong Seumirah, Kecamatan Nisam Antara, Senin, (18/3/2024). Itu mengawali rangkaian kegiatan safari Ramadan Pemkab Aceh Utara tahun 1445 H.

Dalam agenda tersebut, Pj Bupati Mahyuzar juga berkenan melihat langsung areal budi daya tanaman cabai merah milik kelompok tani di Gampong Darussalam, Kecamatan Nisam Antara. Mahyuzar sangat mengapresiasi kreativitas petani cabai di sana yang cerdas melihat peluang, baik secara iklim, cuaca, maupun fluktuasi harga pasar saat ini.

Usai meninjau areal perkebunan budi daya cabai merah, Pj Bupati Mahyuzar dan rombongan melanjutkan safari Ramadan ke Masjid Baitusysyakur Gampong Seumirah. Turut dalam rombongan itu Pj Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, Plt Asisten I Dr Fauzan, SSTP, MPA, Asisten III Fauzan, SSos, MAP, para Kepala SKPK, para Camat dan Kabag, serta para pejabat Muspika Nisam Antara.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diisi dengan acara buka puasa bersama jamaah Masjid Baitusysyakur dan tokoh masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan salat Magrib dan salat Isya berjamaah. Pelaksanaan salat sunat tarawih dan witir diimami oleh Tgk Ir Muhammad Hatta, SST, MT, selanjutnya kegiatan diisi dengan tausiyah Ramadan oleh mubalig Tgk Mawardi Ib, SH, dari Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara.

Pj Bupati Mahyuzar menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan safari Ramadan yang diinisiasi oleh Dinas Syariat Islam.

Kata Mahyuzar, tujuan safari Ramadan adalah untuk menjalin silaturahmi, guna meningkatkan ukhwah islamiyah di antara semua komponen masyarakat. Pihaknya merasa sangat berbahagia karena dapat berkumpul bersama dengan masyarakat Gampong Seumirah pada hari ke-7 puasa atau malam ke-8 Ramadan.

“Melalui silaturahmi mari kita menggapai hakikat dari pelaksanaan ibadah puasa, yaitu untuk menjadi manusia paripurna, yaitu insan kamil yang dicintai oleh Allah SWT,” ungkapnya.

“Mari kita tumbuhkan kembali semangat kepedulian sosial, membangun tali persaudaraan, dan ukhwah islamiyah yang lebih kental lagi di daerah kita ini. Kami yakin, jika rasa ukhwah dan persaudaraan dalam masyarakat kita terjalin dengan baik, maka persoalan-persoalan sosial yang menimbulkan keresahan dalam masyarakat akan dapat kita reduksi, seperti masalah Narkoba, pergaulan bebas, tawuran remaja dan begal yang mulai muncul akhir-akhir ini,” kata Mahyuzar.

Sementara Tgk Mawardi dalam tausiyahnya antara lain mengajak jamaah untuk memperbaiki iman kepada Allah SWT. Terjadinya berbagai dekadensi sosial di tengah-tengah masyarakat saat ini dapat dipastikan karena rendahnya kualitas iman seseorang. “Oleh karena itu persoalan penting dan mendesak yang harus dilakukan saat ini adalah memperbaiki iman,” kata Tgk Mawardi.

Dalam kegiatan safari Ramadan tersebut, Pj Bupati Mahyuzar turut menyerahkan bantuan untuk Masjid Baitusysyakur berupa sajadah panjang dan kitab suci Alquran. Selain itu juga ada santunan untuk puluhan anak yatim bersumber dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.[Thetime23]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *