Momen Berkumpul Bersama Keluarga dan Sahabat, Kirap Ramadan Dilepas Aceh Ramadhan Festival 2024

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Kirap Ramadan yang diikuti 9 kecamatan di Kota Banda Aceh memeriahkan pembukaan Aceh Ramadhan Festival 2024, Jumat 29 Maret 2024, di Banda Aceh.

Pembukaan Aceh Ramadhan Festival 2024 ini juga dimeriahkan dengan lantunan pantun Yah Media (Media Hus), marching band Gita Handayani, dan pertunjukan seni dari mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh memindahkan kanji rumbi dari wajan ke ember di taman Ex Hotel Aceh, Jumat 9 Maret 2024 | Foto : KBA, Wahyu Majiah

Kegiatan lainnya juga ada di festival yang dilaksanakan mulai 28 Maret sampai 1 April 2024 tersebut, diantaranya seni budaya Islam, seperti lantunan ayat suci Al-Quran, nasyid, serta tari tradisional. Ditambah lagi dengan 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti kuliner maupun kerajinan tangan dari sembilan kecamatan di Banda Aceh.

Aceh Ramadhan Festival 2024 mengusung konsep “Community Based Tourism”, bertujuan untuk melibatkan masyarakat secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, mengatakan konsep Community Based Tourism diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Masyarakat dilibatkan dalam berbagai kegiatan, seperti masak, takjil, kanji rumbi, dalail qairat, dan lain sebagainya,” kata Almuniza, Jumat 29 Maret 2024, dalam acara pembukaan Aceh Ramadhan Festival 2024, yang ditandai dengan pelepasan kirap Ramadan.

Ia mengungkapkan Aceh Ramadan Festival 2024 menawarkan pengalaman Ramadan yang berbeda bagi para pengunjung. Selain dapat menikmati berbagai kegiatan menarik, pengunjung juga dapat merasakan suasana Ramadan yang penuh dengan kekhusyukan dan kehangatan.

Bagi pecinta kuliner, festival ini juga menghadirkan berbagai hidangan khas Ramadan yang lezat. Pengunjung juga dapat berburu oleh-oleh khas Aceh di stand-stand UMKM yang tersedia mulai dari taman Ex Hotel Aceh hingga pelataran halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Menariknya lagi, bagi yang ingin memperdalam ilmu agama, festival ini juga menghadirkan berbagai ceramah dan pengajian yang diisi oleh ustaz-ustaz ternama.

“Aceh Ramadan Festival 2024 merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat, sambil menikmati suasana Ramadan yang penuh dengan kemeriahan dan keberkahan,” ungkapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, berharap Aceh Ramadan Festival 2024 ini dapat menyemarakkan syiar Islam di Bumi Serambi Mekah. Serta mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung, baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Banda Aceh.

Sebab, kata dia, kegiatan yang dilaksanakan yang bertepatan di bulan suci Ramadan itu mampu mampu menjadi alasan lain para pengunjung untuk berwisata ke Aceh. “Semoga bisa memberi dampak positif kepada Aceh dan juga khususnya kota Banda Aceh,” harapnya.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *