Menyambut Bulan Suci Ramadhan Unida Melaksanakan Tradisi Meugang

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah Civitas Akademika Universitas Iskandarmuda (Unida) Banda Aceh, melaksanakan silaturahmi dan penyerahan daging megang serta makan bersama, Minggu (10/3/2024).

Rektor Unida Prof Dr Syafei Ibrahim minta tradisi megang perlu dipertahankan.

” Ini penting karena di daerah lain tidak terdapat kegiatan yang sakral ini. Bahkan dapat dikembangkan menjadi obyek wisata,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Lanjut rektor, megang sudah mentradisi secara turun menurun bagi orang Aceh. Megang makan bersama keluarga dengan masakan daging, dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan atau hari raya Idul fitri/ Idul adha.

“Karena memiliki nilai sosial budaya, ekonomi, dan ritual serta spesifik, maka kegiatan megang di tengah masyarakat Aceh perlu dilestarikan,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia pelaksana silaturahmi dan Megang, Dr Bustamam Ali menjelaskan, megang meyambut ramadhan ini menyembelih tiga ekor sapi yang dibagikan sebanyak 250 tenaga dosen, pengurus yayasan dan keluarga besar Unida.

“Tradisi megang di kampus dilakukan setiap saat menjelang puasa ramadhan, sekaligus silaturahmi dan makan bersama di kampus surien Banda Aceh,” ungkapnya.

Hadir pada acara tersebut Pengurus Yayasan Ir H Abdullah Abbas, para wakil rektor Ir Sulaiman MP, Dr Ir Nasrullah MSi.para dekan dan Ketua Prodi.[APJN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *