Delegasi Partai Minta HMI Fasilitasi Debat Caleg DPRK Aceh Barat

ACEH BARAT, BidikIndonesia.com Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Meulaboh menggelar nonton bareng (Nobar) debat ketiga calon presiden (Capres) pada Minggu 7 Januari 2024 malam.

Nobar yang diinisiasi HMI itu berlangsung di Get Kupi Jalan Syiah Kuala Gampong Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Selain Nobar, kegiatan tersebut juga diisi dialog dengan tema debat keamanan, pertahanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Adapun partai yang hadir dan mengisi dialog tersebut adalah ketua Partai PDIP Aceh Barat, Perindo, Nasdem dan PKS. Dengan dipandu Ketua Kohati HMI Cabang Meulaboh, Anisah. Menurutnya, dialog ini adalah suatu bagian yang sangat penting untuk diikuti oleh audiens di sela-sela jeda iklan.

Bacaan Lainnya

“Walaupun debat capres terkesan seperti mendengar laporan pertanggungjawaban Menteri Pertahanan, tapi dari dialog yang berkembang, ada value yang sangat luar biasa yang sama-sama kita peroleh yaitu soal pengetahuan baru, peningkatan pelayanan keamanan dan ketahanan, memperdalam wawasan politik luar negeri dan tentunya memantapkan pilihan atas gagasan-gagasan capres,” ujar Anisah.

Ketua Umum HMI Cabang Meulaboh, Aris Munandar, mengatakan dialog itu cukup alot, baik dari masing-masing poros paslon capres dan juga hadir para pengamat politik yang independen, ditambah lagi tanggapan dan pandangan dari kader HMI terkait masing-masing paslon.

“Namun sejatinya dialog ini bukan ajang perbedaan paslon yang menyebabkan perpecahan, tapi perbedaan yang dapat saling menguatkan. Mendengar dan menganalisis siapa yang lebih pantas,” ujarnya kepada KBA.ONE. Senin 8 Januari 2024.

Ketua DPC PDIP Aceh Barat, Abdul Karim mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pengurus HMI dalam perannya sebagai lembaga yang independen. Ia juga berharap HMI dapat melaksanakan kegiatan debat Caleg DPRK Aceh Barat untuk melihat ide dan gagasan yang ditawarkan oleh masing-masing caleg.

“Kegiatan malam ini kegiatan yang luar biasa, kami berharap HMI juga dapat menyelenggarakan debat Caleg DPRK Aceh Barat biar kita bisa tau gagasan apa saja yang ditawarkan untuk Aceh Barat,” cetus Abdul Karim.

Yunus Azhari, delegasi dari partai PKS yang hadir pada acara tersebut juga berharap kegiatan debat caleg dapat dilaksanakan pengurus HMI. “Semakin mendekati pemilu maka semakin bagus debat ini dapat dilaksanakan,” tutup Yunus Azhari.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI) beserta presidium, Forhati Aceh Barat, unsur kepemudaan/OKP, Ipelmabar Banda Aceh, tokoh masyarakat, ketua dan delegasi dari masing-masing partai serta kader HMI se-Meulaboh.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *