Akibat Hujan Deras, Jembatan Penghubung Alue Buloh dan Latong Ambruk

NAGAN RAYA, Bidikindonesia.com Jembatan rangka baja penghubung Gampong Alue Buloh dan Latong kecamatan Seunagan kabupaten Nagan Raya ambruk ke sungai, akibat hujan deras sepakan terakhir mengguyur wilayah tersebut.

Saaj dijumpai awak media hariandaerah.com di lokasi, salah seorang warga setempat, Faizin Fikar mengatakan, ambruknya jembatan rangka baja tersebut, selain akibat kondisi abutment telah memprihatinkan, juga diakibatkan hujan deras melanda wilayah itu, sehingga Krueng Nagan menghantam jembatan tersebut, sehingga mengalami putus total.

“Kejadian ambruknya jembatan rangka baja itu, diperkirakan saat menjelang subuh atau sekira pukul 04.45 wib,” kata Fikar, Selasa (17/10/2023).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jembatan rangka baja penghubung ke Alue Buloh serta Gampong sekitarnya itu, selama ini banyak dilintasi oleh masyarakat untuk bekerja di sejumlah perusahaan di wilayah tersebut.

“Dengan ambruknya jembatan tersebut, maka akses masyarakat ke Alue Buloh dan sekitarnya putus total, harapan kami kepada Pemkab Nagan Raya melalui Dinas terkait, perlu segera melalukan penanganan secara darurat,” ujarnya.

Selain itu ungkapnya, untuk sementara waktu masyarakat yang bekerja di sejumlah perusahaan batu bara di Gampong Alue Buloh dan sekitarnya, terpaksa melintasi jembatan Gunong Reubo Kecamatan Kuala.

Sementara itu, saat dikonfirmasi hariandaerah.com, kepala dinas PUPR Nagan Raya, Ir.Tamarlan, ST menyebutkan, dengan ambruknya jembatan tersebut, pihaknya akan melaporkan kejadian itu kepada Dinas terkait Pemerintah Aceh.

Sedangkan untuk sementara waktu, Dinas PUPR Nagan Raya akan menyediakan Rakit atau Boat, guna untuk membantu masyarakat yang melintasi sungai Krueng Nagan tersebut.

“Hal ini perlu disegerakan, mengingat ratusan masyarakat wilayah itu bekerja di Gampong Alue Buloh, serta untuk kepentingan aktivitas lainnya,” kata Tamarlan.[HarianDAERAH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *