69 Pengungsi Rohingya Terapung di Laut Aceh Barat Tim SAR Gabungan Temukan

BANDA ACEH, BidikIndonesia.com Tim SAR gabungan yang dipimpin oleh Basarnas Aceh berhasil menemukan 69 pengungsi Rohingya yang terapung di laut Aceh Barat.

Para pengungsi ditemukan dalam keadaan selamat pada koordinat 4°14’00″N – 95°48’00″E, Arah Barat Laut, lebih kurang 21 Nautical Miles (Mil Laut) dari pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Haris Al Hussain, mengatakan bahwa proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan KN SAR Kresna dan berlangsung selama tiga jam.

Bacaan Lainnya

“Proses evakuasi dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai pada pukul 12.00 WIB. Para pengungsi kemudian dibawa ke Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh,” kata Ibnu Haris, Kamis 21 Maret 2024.

Dari 69 pengungsi yang ditemukan, 42 orang di antaranya adalah laki-laki, 18 orang perempuan, dan 9 orang anak-anak.

“Hingga saat ini, tidak ditemukan korban meninggal dunia di sekitar lokasi evakuasi,” kata Ibnu Haris.

Diberitakan sebelumnya, kapal yang mengangkut puluhan Etnis Rohingya mengalami kerusakan di perairan Aceh Barat. Menurut informasi awal, para manusia perahu ini terkatung-katung di tengah laut, namun beberapa orang di antaranya sempat diselamatkan oleh nelayan Aceh Barat pada Rabu 20 Maret 2024 dan saat ini ditampung sementara di Kantor Camat Samatiga.[KBA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *