Pj Bupati Aceh Besar Apresiasi Telkom Indonesia Bantu Sumur Suntik untuk Pertanian di Pulo Aceh

KOTA JANTHO, BidikIndonesia.com Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyampaikan apresiasi atas dukungan BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk Pertanian di Pulo Aceh.

“Kita mengapresiasi BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk Pertanian di Pulo Aceh, yang diserahkan secara resmi, Selasa (16/01/2024) lalu,” kata Iswanto di Kota Jantho, Kamis (18/01/2024).

Ia juga mengatakan, elnino telah mempengaruhi beberapa kawasan Pertanian di Kabupaten Aceh Besar seperti Seulimeum dan Kuta Cot Glie, sehingga juga perlu dilakukan langkah-langkah pengendalian untuk meminimalisir dampak.

Bacaan Lainnya

“Cuaca ekstrem tidak dapat dielakkan, hanya penting bagi kita untuk melakukan langkah-langkah pengendalian sebagai upaya meminimalisir dampak, khususnya di lahan pertanian yang mengalami keterlambatan masa tanam,” harapnya.

Pj Bupati mengharapkan semua pihak dapat mendukung untuk mewujudkan ketahanan pangan, dengan menjaga serta meningkatkan produktivitas areal pertanian. “Artinya semua pihak harus ikut berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kewenangannya, supaya dapat mewujudkan ketahanan pangan dengan menjaga serta meningkatkan produksi usaha pertanian,” ujarnya.

Serah terima Bantuan sumur suntik di 4 titik sebanyak 20 unit tersebut diserah langsung oleh Pihak Telkom Indonesia bersama Bank Muamalat, Bappeda Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pulo Aceh, jajaran Forkopincam Pulo Aceh .

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Kelompok tani Gampong Alue Riyeung dan Gampong Rabo, Pulo Aceh dengan total luas lahan persawahan 148 heltare.

“Harapan kami selaku petugas lapangan pertanian , kontribusi dari Telkom Indonesia ini bisa memberi manfaat sebesar besarnya kepada petani Pulo Aceh, Aceh Besar baik dalam musim tanam MT gadu dan rendengan serta untuk kebutuhan air bersih masyarakat setempat” ungkap Afriadi , Koordinator BPP Pulo Aceh.

Program yang dikenal dengan CSR ini dapat menambah manfaat yang dapat dirasakan petani untuk mengairi lahan sawahnya.

Hal tersebut dikarenakan usaha tani padi di Kecamatan Pulo Aceh masih pada areal tadah hujan yang masih bergantung pada air hujan, karena belum didukung areal beririgasi.[Bratainews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *